Follow Us Now

Minggu, 04 Desember 2011

Wanita adalah Keajaiban Dunia




Oleh : Manda Verdana

Bagi orang - orang seperti Kita yang hanya mendengar atau cuma melihat gambar keajaiban Dunia, Kita juga punya kekaguman, tetapi tidak sebesar kekaguman mereka yang melihatnya secara langsung.
Didekat Kita sesungguhnya ada pesona keajaiban Dunia, yaitu makhluk yang Cantik, Unik, Antik, memiliki daya tarik yang luar biasa, dan memiliki sinar yang lebih tajam dari sinar ultraviolet yang menusuk kedalam jantung orang yang memandangnya. Kecantikannya menjadi sumber inspirasi para seniman. keindahannya menjadi sumber kreasi para pelukis dan fhotografer. Kekuatannya menjadi pendorong para pejuang dan pengusa di Dunia. Kemolekannya menjadi sumber mata pencarian para pekerja hiburan. Gerak geriknya menjadi sajian infotaiment. Fisiknya satu, tetapi multi fungsi. Jasadnya satu tetapi bisa digambarkan menjadi bermacam - macam personifikasi. Para pujangga tidak pernah kehabisan kata sanjungan. Para budayawan mendeskripsikannya dengan bermacam - macam kata. Sumbernya satu, tetapi bisa ditafsirkan beribu - ribu pengertian. Itulah WANITA.
Alkisah Tuhan memerlukan waktu yang cukup untuk menciptakan Wanita. Padahal bisa saja Allah mengatakan "Kun Fayakun" Jadilah maka jadi. Tetapi Allah Maha Bijaksana, memberikan pelajaran dan pengajaran kepada manusia bahwa apapun yang hendak dibuat harus tersedia waktu yang cukup dan perlu proses.
Malaikat menghadap Allah dan bertanya "Ya Allah, mengapa memerlukan waktu untuk menciptakan Wanita ini?"  Allah menjawab "Apakah kamu memperhatikan seluruh keistimewaan dan seluruh sifat yang ada pada ciptaan-Ku ini? Ciptaan ini harus memiliki lebih dari 200 organ yang selalu bergerak agar bisa menjalankan semua tugasnya. Ciptaan ini kelak harus mampu membuat enak segala macam makanan yang dihidangkan. Dan harus bisa memberikan cinta yang bisa menyembuhakan rasa sakit. Dan harus bisa melakukan segala sesuatu hanya dengan dua tangannya." Malaikat terkejut dan berkata "Hanya dua tangan, dua tangan? Ini adalah hal yang mustahil."
Allah terus melanjutkan ciptaan-Nya. Lalu kepada malaikat Allah berfirman "Tunggulah sampai besok, Aku akan menyelesaikan semuanya. Tunggulah sebentar! Ciptaan ini akan segera selesai. Dia ini akan selalu dekat dengan Aku. Dia bisa menyembuhkan dirinya saat jatuh sakit. Dia bisa bekerja sepanjang hari dan malam."
Malaikat mendekati Wanita yang sudah tercipta dan memegangnya. Lalu bertanya kepada Allah "Tuhan, Engkau jadikan Wanita ini sangat lembut."
Allah menjawab "Ya, sesungguhnya dia sangat lembut, tetapi aku jadikan dia sangat kuat. Kamu tidak bisa menggambarkan sampai dimana kekuatannya. Dia mampu menanggung beban dan menahan diri untuk bersabar."
Malaikat bertanya "Apakah dia bisa berpikir?"
Allah menjawab "Tidak hanya berpikir, dia  pandai mengambil hati dan pandai berbicara, dia bisa berdialog dan juga bisa berdebat."
Malaikat memegang pipi Wanita itu dan merasa asing. Kemudian bertanya kepada Allah "Tuhan, mengapa pipinya ranum berkilau?"
Allah menjawab "Itu bukan semata ranum dan berkilau. Disitu tersimpan air mata, dan disitu terletak banyak beban."
Malaikat bertanya "Kenapa mengalirkan air mata?"
Allah menjawab "Air mata adalah satu - satunya cara untuk meluapkanbeban. Mengalirnya air mata adalah cara untuk mengungkapkan kesedihan, kerinduan, kebahagiaan, dan segala macam rasa yang ada pada dirinya."
Subhanallah, Wanita adalah mahakarya Allah yang Maha Agung. Wanita adalah karya besar Allah yang sangat indah dan menawan. Wanita adalah keajaiban Dunia. Lebih ajaib dari keajaiban Dunia yang Anda kenal. Wanita satu bentuk, beribu keajaiban yang menyertainya. Semua orang tahu wanita, tetapi tidak semua orang mengerti Wanita. Wanita adalah sosok yang secara lahir mempesona, tetapi 1000 misteri ada dalam dirinya. Wanita memang ajaib. Dan keajaiban sungguh terlampau banyak untuk dituliskan.
Tetapi setidaknya Anda bisa tau bahwa :
Wanita adalah sebaik-baiknya Keindahan Dunia. Tidak ada yang lebih berharga di dunia ini selain seorang Wanita.
Air mata wanita lebih dahsyat daru Undang-undang. Titah raja sekalipun bisa dibatalkan oleh air mata wanita.
Bidadari surga kalah cantik dengan wanita shalehah di dunia. Wanita shalehah di dunia lebih mulia dari bidadari disurga.
Kecerdasan wanita lebih hebat dari laki - laki. Wanita bisa berpikir bermacam - macam dalam satu waktu, sedangkan laki - laki tidak bisa.
Semua orang tahu wanita, tetapi tidak semua mengerti wanita.  
Cinta, do'a dan pengorbanan wanita.
Dia menjadi makhluk sempurna setelah ibu. Dan do'anya dikabulkan Tuhan.
Kekuatan Wanita. Wanita diciptakan oleh Tuhan dengan fisik yang lemah gemulai, tetapi kekuatan laki-laki bisa dihancurkan berkeping-keping olehnya. 
Keajaiban - keajaiban Wanita yang lain, misalnya : Wanita diciptakan dari tulang rusuk. Wanita pertama adalah Hawa. Dia diciptakan tidak sama seperti Adam diciptakan. Mengapa tidak diciptakan dari Tanah? Mengapa tidak diciptakan dari kepala Adam? Mengapa tidak diciptakan dari kaki Adam? Mengapa tidak diciptakan dari tangan Adam? Tetapi mengapa diciptakan dari tulang rusuk Adam? 
 
Keinginannya. Laki - laki tidak bisa menebak apa yang menjadi keinginannya. Wanita tidak bisa dimintai sesuatu kecuali telah terpenuhi keinginannya. 
Akalnya sangat brilian. Penilitian menunjukan bahwa wanita lebih cerdas dari pada laki – laki. Lalu apa bedanya dengan laki – laki? Wanita lebih pintar, hanya saying dia berpikir dengan perasaannya.
Senjatanya. Tangisan adalah senjata wanita. Air mata adalah kekuatan wanita sekaligus kelemahannya. Bila Wanita sudah mengalirkan air mata, maka kekuatan laki – laki akan hancur berkeping – keeping. Bila wanita itu sudah meneteskan air mata untuk anaknya, maka singgasana Tuhan berguncang.
Firasatnya. Wanita bukan Nabi, tetapi ada beberapa Wanita yang diberi wahyu. Jangan main-main dibelakang wanita, karena firasatnya sangat kuat, Allah memberikan ilham kepadanya. Dia bias membaca mimic wajah Anda, dia bias menebak apa yang sedang Anda rasakan.
Kecantikannya. Betapa banyak karya agung di Dunia ini terjadi karena kecantikan wanita. Seorang raja yang tergila – gila kepada wanita karena kecantikannya dia bersedia menurutkan keinginan wanita. Tajmahal di india, itu terbangun karena keinginan wanita yang cantik jelita.
Cinta dan bencinya. Anda tidak bias membedakan mana cinta dan mana benci. Wanita bias melakukan  hal – hal yang tidak masuk akal. Tidak ada wanita yang berani bertaruh nyawa kecuali wanita yang sedang jatuh cinta dan melahirkan anaknya. Sekali jatuh cinta dia akan memperjuangkan cintanya mati – matian. Tetapi ingat, sekali dia disakiti, seumur hidup tidak akan pernah terlupakan.

Wanita diciptakan Allah tidak sekali jadi. Ada proses disana. Bahkan yang ada dalam fisiknya diambil dari rembulan, pancaran sinarnya diambil dari matahari, kilauannya diambil dari bintang – bintang diangkasa, air matanya diambil dari awan, semerbak wanginya diambil dari bunga – bunga, warna kulitnya diambil dari bunga – bunga mawar, kelembutannya diambil dari desiran angin sepoi – sepoi, keceriaannya diambil dari daun – daun segar, getarannya diambil dari tumbuh – tumbuhan, keluasannya diambil dari samudera, kehangatan dan temperamennya diambil dari api, dinginnya diambil dari salju, sengatannya diambil dari kalajengking,  kelezatannya diambil dari madu, cerewetnya diambil dari burung, kelembutannya diambil dari embun pagi, senyumannya diambil dari musin bunga, sentuhan tangannya diambil dari intan permata. Wanita memang ajaib, semua makhluk Tuhan ada dalam dirinya. Siti Hawa diciptakan dari tulang rusuk. Mengapa tidak diambil dari kepala? Mengapa tidak diambil dari kaki atau anggota tubuh yang lain? Mengapa tidak diciptakan dari tanah seperti Nabi Adam?
Wanita tidak diciptakan dari kepala laki – laki supaya tidak melebihi mengungguli kodrat laki – laki. Wanita tidak diciptakan dari kaki supaya wanita tidak dihinakan oleh laki – laki atau diinjak – injak, karena dia adalah bagian dari tubuhnya.
Wanita tidak diciptakan dari tanah, karena memang kodratnya tidak sama dengan laki – laki. Wanita diciptakan dari tulang rusuk laki – laki, karena memang untuk dijadikan pasangan laki – laki, menjadi pendamping laki – laki, memperkuat dada laki – laki, sekaligus menjadi penyeimbang hidup laki – laki.
Tulang iga adalah tulang yang bengkok dan letaknya sangat dekat dengan jantung dan hati. Fungsi tulang iga adalah memperkuat dada dan melindungi hati. Dari sini kita mendapat Hikmah dan pelajaran bahwa wanita yang sudah menjadi istri dia mempunyai 2 tugas, yaitu :
1. Membuat suami kuat dadanya.
Dada adalah lambing keberanian dan keperkasaan, karenanya orang yang berani akan menantang lawannya dengan menepuk dada. Dada adalah tempat berkecambuk segala rasa, ada rasa benci dan senang, ada rasa kesal dan jengkel. Maka dada harus luas dan tidak sempit, agar bias menjadi arena untuk menyelesaikan pertengkaran segala macam rasa. Orang yang dadanya sempit akan sulit menyelesaikan masalah. Orang yang dadanya sempit mudah berputus asa, tidak punya optimism, tidak punya semangat dan mudah sakit. Seorang istri harus bisa menumbuhkan kekuatan suami, sehingga potensinya bisa bertambah dan berkembang menjadi berlipa – lipat. Seorang istri tidak hanya sekedar memberikan dorongan, tetapi dia menjadi bagian dari kekuatan dada suami. Jadi sesungguhnya wanita adalah dada.
2. Menjaga hati Suami
Hati adalah inti kehidupan. Didalam hati ada keimanan. Didalam hati ada kebahagiaan. Istri seharusnya makin mempertebal keimanan suami. Istri seharusnya memberikan kedamaian dan kebahagiaan suami. Istri seharusnya menyenangkan hati suami. Istri seharusnya menjaga hati suami agar tidak berpaling kelain hati. Karenanya orang yang sudah punya istri seharusnya hidupnya bahagia dan keimanannya semakin mantap.

KETERGANTUNGAN TERHADAP WANITA
Kalau saja Allah tidak menciptakan wanita, mungkin tidak ada kehidupan seperti sekarang ini. Dan kenyataannya, peran wanita menjadi sangat dominan. Hampir disemua kehidupan tidak ada yang lepas dari wanita.  Semua manusi khususnya laki – laki dan utamanya yang sudah cukup usia, mereka sangat tergantung pada wanita.
Coba Anda renungkan sejenak apa yang saya katakana dibawah ini, saya yakin Anda akan mengiyakannya :
  • Rumah yang indah adalah rumah yang didalamnya ada wanita shalehah. Rumah tangga tanpa wanita tidak ada harganya. Rumah tanpa wanita akan berantakan.
  • Wanita adalah mahkota dunia untuk keindahan laki – laki dan kebahagiaannya.
  • Laki – laki tanpa wanita seperti kuda tanpa kendali.
  • Rumah tanpa wanita seperti buku tulis tanpa pena.
  • Wanita adalah pengaruh paling hebat bagi laki – laki, dia mengajarkan keindahan, budi pekerti dan kelembutan perasaan.
  • Wanita shalehah melapangkan jiwa, menenangkan pikiran dan menyenangkan hidup.
  • Laki – laki adalah kepala dan wanita adalah leher. Kepala bisa melihat kalau leher memutar.
  • Wanita shalehah adalah sekutu laki – laki dalam kerajaan, menjadi penentu nilai kekayaan dan menjadi sepak terjang laki – laki.
  • Wanita shalehah tidak ada yang menandinginya, karena dia adalah penolong urusan dunia dan akhirat.
  • Sebaik – baiknya hari adalah hari dimana wanita ada disamping laki – laki. Seburuk – buruknya hari adalah ketika istri tidak ada disamping laki – laki.
  • Wanita yang bodoh adalah wanita yang menghancurkan rumah. Wanita yang cerdas adalah wanita yang membangun rumah dan mendirikannya diatas pondasi yang baik.
  • Wanita, dia lah yang bisa memperbaiki dunia dan menghancurkan dumia.
  • Wanita adalah ruh dari keindahan bunga, bahkan dia ruh masyarakat. Rumah dan masyarakat tanpa wanita sama dengan pot tanpa bunga. Wanita tanpa suami sama dengan botol tanpa isi.
  • Wanita adalah tongkat yang dijadikan pegangan laki – laki untuk memperkuat ketaqwaannya.
  • Wanita adalah energi jiwa dan sumber kemuliaan hidup. 
Source : http://yossayogaswara.info/index.php?option=com_content&view=article&id=14:wanita-adalah-keajaiban-dunia&catid=8:artikel-umum&Itemid=19

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More