SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
PENGERTIAN, TUJUAN, DAN PERSYARATAN SEGMENTASI PASAR
Jerry W Thomas (2007) mengatakan
bahwa segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan,
kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari segmentasi
pasar adalah agar dapat melakukan prioritas, titik berat, atau konsentrasi usaha
pemasaran dan mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk mendapatkan
keuntungan kompetitif dalam segmen tersebut. Sedangkan menurut Michael
Richarme (2004), tujuan segmentasi pasar adalah membagi konsumen menjadi
kelompok-kelompok yang berbeda sedemikian hingga pesan pemasaran dapat
dirancang sesuai kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok konsumen
tersebut. Setiap segmen pasar memerlukan karakteristik atau fitur produk yang
berbeda, strategi promosi yang berbeda, strategi harga yang berbeda, bahkan
mungkin saluran distribusi yang berbeda juga. Hal tersebut menunjukkan bahwa
identifikasi atau analisis sebuah segmen pasar perlu dilakukan secara
hati-hati, bahkan memerlukan metode riset dengan menggunakan teknik analisis
yang rumit dan kompelks. Namun semuanya tetap disesuaikan dengan kondisi dan
karakteristik dari perusahaannya. Identifikasi segmen pasar yang baik atau
tepat harus memenuhi persyaratan yang mencakup:
- Homogen di dalam segmen tersebut.
- Heterogen antar segmen.
- Segmen dapat diukur dan memang penting.
- Segmen dapat dibedakan secara jelas dari segmen lainnya.
- Segmen dapat diakses atau digarap dan ditindaklanjuti oleh perusahaan, dan
- Segmen dapat menjadi sasaran yang menguntungkan.
TIPE ATAU
JENIS SEGMEN PASAR
Teknik segmentasi pasar bisa sederhana atau bisa juga cukup rumit. Hal ini
tergantung pada seberapa banyak faktor atau variabel yang digunakan untuk
membedakan sebuah segmen pasar dibandingkan dengan segmen yang lainnya. Faktor
atau variabel tersebut cukup hanya satu atau dua variabel saja, atau mungkin
lebih banyak variabel yang digunakan untuk membuat segmentasi pasar. Sejumlah
variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
- Variabel Geografis, misalnya wilayah, ukuran populasi, kepadatan, penduduk, iklim, dan lain-lain.
- Variabel Demografi, misalnya umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendidikan, penghasilan, jenis pekerjaan, agama, faktor sosio ekonomi, bangsa, atau bahasa.
- Variabel Psikografi, misalnya keperibadian, gaya hidup, nilai yang dianut, atau sikap, dan
- Variabel Perilaku, misalnya tingkat konsumsi atau penggunaan barang, loyalitas terhadap merek, dan lain-lain.
Berdasarkan faktor pertimbangan atau variabel utama yang digunakan maka segmentasi pasar terdiri dari beberapa jenis atau tipe, yaitu :
- Segmentasi Geografis
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
- Segmentasi Distribusi
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
- Segmentasi Media
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
- Segmentasi Harga
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
- Segmentasi Demografis
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya. - Segmentasi Waktu
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam. - Segmentasi Gaya Hidup atau Psikografi
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
MANFAAT SEGEMNTASI PASAR
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
- Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
- Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
- Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
- Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmenyang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
- Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut
:
- Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
- Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
- Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
- Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Hermawan
Kertajaya mengatakan
bahwa peranan segmentasi pasar adalah :
- Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
- Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
- Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kitaselanjutnya.
- Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dancara yang berbeda.
PROSES SEGMENTASI PASAR
Proses
segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa tahap yaitu :
Tahap
survei;
Tahap
analisa data;
Tahap
pembentukan segmen-segmen pasar;
Tahap
identifikasi segmen-segmen pasar;
Tahap
targeting segmen pasar.
ANALISIS
DEMOGRAFI
Analisis Demografi adalah analisis
penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb to the tomb) karena
meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari
kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini merujuk data statistik penduduk,
termasuk pendapatan, rata-rataumur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan,
demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang
pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar
berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi
berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan,
agama dan pendidikan.
MANFAAT ANALISIS DEMOGRAFI
- Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
- Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masalampau, kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
- Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
- Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksipenduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Sumber :
Jerry W.
Thomas (2007) “Market Segmentation”. Decision Analyst.
Beth Horn
dan Wei Huang (2009) “Comparison of Segmentation Approaches”. Decision Analyst.
0 komentar:
Posting Komentar