Follow Us Now

Senin, 03 Oktober 2011

Multikulturalisme

Multikulturalisme

apakah yang kalian ketahui tentang multikulturalisme? menurut saya multikulturalisme adalah suatu negara dimana terdapat berbagai macam golongan, suku,ras, etnis, agama dan budaya. dimana dalam negara tersebut saling menerima perbedaan yang ada. seperti yang kita ketahui budaya di indonesia ini sangat beragam macam dan tidak bisa disebutkan satu persatu , tapi yang terpenting budaya itu takkkan pernah lepas dari manusia itu sendiri. biasanya nih kebudayaan itu selalu berkaitan dengan ritual ritual sebagai contoh : Ngaben di Bali, ritual cuci keris di Jawa, dan masih banyak lagi. Pastinya didalam budaya tersebut ada masalah masalah juga kan? itulah bedanya Ilmu Budaya dasar dengan pengetahuan kebudayaan. Ilmu budaya dasar pertama kali dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities” secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mempelajari masalah-masalah manusia dan kebudayaan. ada kaitannya gak ya sama multikulturalisme? bingung nih hehe.. 
Ada beberapa masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup ilmu budaya dasar. Seperti :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah  kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian didalam pengetahuan budaya secara individu maupun gabungan. 
2. Hakekat manusia yang satu atau universal yang beraneka         ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

ada kaitannya gak ya sama multikulturalisme? bingung nih hehe.. menurut saya sih ada kaitannya karena didalam multikulturalimse itu sendiri ada masalah masalah seperti pluralisme dan fanatisme berlebihan terhadap budaya. Sampai saat ini pun masih ada juga yang bersikap seperti itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More